Pages

Minggu, 04 Juli 2010

IDENTIFIKASI JENIS JENIS SOFTWARE APLIKASI

Komponen perangkat lunak (software) merupakan program program yang penting nantinya akan terinstal pada computer sehingga membuat perangkat computer bisa hidup dan dipakai bekerja. Komponen komponen software yang dibutuhkan oleh computer adalah :

1. SIstem Operasi
Merupakan software yang pertama kali akan dibaca oleh computer pada saat booting sebagai dasar pengoperasian computer. Contoh : DOS, WINDOWS, LINUX, NOVELL, SUNSOFT, UNIX, FREE BSD, MAC OS, DLL
2. Program bantu dan program tambahan
Program (Utility) merupakan program yang digunakan untuk mengisi kekurangan / menampilkan kembali file suatu system operasi yang terhapus. PC Tools dan Norton Utilities merupakan contoh dari program ini. Salah satu kelemahan DOS adalah tidak mampu bekerja di system jaringan. OLeh karena itu beberapa perusahaan membuat program tambahan yang dapat mengubah sistem Dos tersebut (single user atau stand alone) menjadi sistem operasi yang dapat digunakan oleh banyak pemakai (multi user) Netware, Token Ring dan Lantastic merupakan contoh contoh program ini.
3. Bahasa Komputer (Computer language)
Komputer lanuaage merupakan bahasa yang digunakan untuk membuat program computer. Disebut bahasa karena computer language memiliki kata dan tata yang termasuk jenis ini adalah :
A. Low level language
Merupakan bahasa tingkat rendah karena sulit dipahami dan hanya dapat dimengerti oleh pembuatnya yang termasuk program ini adalah bahasa mesin dan assembly language.
B. High level language
Merupakan bahasa tingkat tinggi karena menggunakan kata kata yang mudah dimengerti. Contoh dari program ini adalah BASIC, FORTRAN dan sebagainya.
4. Program Aplikasi
Program aplikasi merupakan perangkat lunak siap pakai yang nantinya kan digunakan untuk membantu melaksanakan pekerjaan penggunanya. Aplikasi ini disiapkan sesuai kebutuhan. Program aplikasi dapat dibedakan lagi menjadi :
A. Word Prossesing
Word prossesing adalah program yang dapat dipakai untuk mengedit / menyunting naskah. Contoh : Microsoft Word, Lotus Amipro dan Word Perfect, ABI Word dan sebagainya.
B. Dekstop Publishing
Merupakan program yang mengatur tata letak cetakan pada suatu naskah sehingga siap untuk dicetak. Contoh : Ventura Publisher, Page Maker dan sebagainya
C. Program Spread Sheet
Merupakan program yang digunakan untuk menjadi data secara berkolam. Contoh : Microsoft Excell, Lotus Improv dan sebagainya.
D. Database Management System
Salah satu kegunaan computer di dalam organisasi adalah untuk menyimpan data dalam jumlah besar. Dari data ini dapat dihasilkan bebagai informasi untuk menyimpan mengolah data dan kemudian menghasilkan informasi diperlukan program yang disebut dengan Database Management System (DBMS) atau Database saja.
Contoh : Paradox, Foxpro, Microsoft Acces, Appreach, Micosoft SQL dll
E. Graphic
Salah Satu kebutuhan pengguna adalah membuat gambar untuk itu bisa menggunakan program khusus. Sehinggga gambar bisa diubah atau diolah.
Contoh : Corel draw, Stanfod graphics, Visio, dll.
F. Program Akutansi
Aplikasi yang juga banyak dipakai dalam dunia bisnis adalah aplikasi yang berhubungan dengan keuangan dan akutansi.
Contoh : Dac Easy Accounting, Pacioli zoo, Peach Tree Accounting dan sebagainya.
G. Program Statistik
Program statistic merupakan program yang digunakan untuk melakukan penelitian yang behubungn dengan analisis statistic.
Contoh : SAS, SPSS, Statistica dan sebagainya.
H. Communication
Communication merupakan program yang digunakan untuk bekomunikasi dengan pemakai computer lain.
Contoh : Carbon copy, Datafax, Pro Comn Plus, Crass Talk, dll.
I. Multimedia
Multimedia merupakan software yang digunakan untuk menghubungkan computer dengan peralatan media seperti Video, Kamera Digital, Video Player, dll.
Contoh : Microsoft Word
J. Game
Game merupakan program untuk permainan.
Contoh : Flight Simulator,Base ball,Prince of Persia, dll.
K. Antivirus
Antivirus merupakan program yang digunakan untuk mendeteksi dan menghilangkan virus yang tertular pada computer yang sedang dipakai.
Contoh : Mc Afee viruscan, Norton Antivirus, AVG, SMADAV, Avira, dan sebagainya.

0 komentar:

Posting Komentar